Turbulen Bisnis Edu Tech, Ini Profil Sabda PS Founder Zenius


Read More

Jakarta, CNBC Indonesia – Start up Edu Tech Zenius mengumumkan penghentian sementara operasionalnya pada Rabu (4/1/2024). Penutupan ini setelah platform bilmbel online tersebut eksis selama kurang lebih 20 tahun di Indonesia.

“Kami mengambil langkah strategis untuk menghentikan operasi untuk sementara, tetapi kami menjamin bahwa kami tidak akan berhenti berusaha untuk meenjalankan dan mewujudkan visi untuk merangkai Indonesia yang cerdas, cerah, asik,” tulis pernyataan resmi Zenius.

Zenius tidak menjelaskan secara detail alasan perusahaan berhenti beroperasi. Namun, dalam email kepada mitra pemilik lokasi bimbel New Primagama, Co-founder Zenius Sabda Putra Subekti menyatakan start upnya tengah mengalami kesulitan.

“Saat ini, Zenius sedang mengalami tantangan operasional dan kami sangat menyesal atas ketidaknyamanan yang akan ditimbulkan bagi para pengguna kami,” tulis pernyataan resmi Zenius yang diterima para mitra pemilik bimbel Primagama.

Terlepas dari itu, siapa sosok Sabda Putera Subekti atau sering disebut Sabda PS pendiri Zenius?

Melansir profil linked in, Sabda PS diketahui lahir di Jakarta, dia mengemban gelar sarjana S1 di Institut Teknologi Bandung (ITB) dan lulus dari jurusan Teknik Informatika.

Sabda melanjutkan pendidikannya dengan mengambil kuliah online di jurusan Matematika dan Filsafat di Universitas London. Dia juga berkuliah di jurusan Antropologi, Universitas Oxford.

Selama 20 tahun berkutik di Zenius, ia telah mengemban beberapa jabatan penting. Diantaranya CEO (Maret 2023 – saat ini), Chief Education Officer (Agustus 2019 – Mei 2023), CEO (Februari 2019 – Juli 2019), Chief Business Development Officer (April 2011 – Februari 2019) dan CEO (Juli 2007 – April 2011).

Zenius sendiri didirikan Sabda PS pada tahun 2004 oleh Sabda PS, Wisnu Subekti, dan Medy Suharta. Pada awalnya, Zenius berdiri sebagai bimbingan belajar offline.

Namun demikian, pada tahun 2005, Zenius mulai meluncurkan materi pembelajaran dalam bentuk CD. Materi pembelajaran tersebut difokuskan untuk anak SMA sebagai persiapan masuk SPMB.

Pada 2007 Zenius Education resmi berdiri dan berbadan hukum sebagai perusahaan perseroan terbatas. Lalu pada 2010, Zenius meluncurkan situs pembelajaran pertama di Indonesia melalui Zenius.net

Pada Juli 2019, semua materi dan fitur belajar Zenius sudah bisa diakses melalui Zenius App yang tersedia di Play Store dan App Store.

[Gambas:Video CNBC]

(fsd/fsd)


Sumber: www.cnbcindonesia.com

Related posts