Tol Garapan Waskita Karya Ini Dibuka Gratis Sampai 20 Agustus

Jakarta, CNBC Indonesia– PT Waskita Karya Tbk (WSKT) telah melaksanakan peresmian Tol Ciawi-Sukabumi Ruas Cigombong-Cibadak pada Jumat (4/8). Tol tersebut diresmikan secara langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Read More

Dengan peresmian ini, Jokowi menuturkan bahwa Jalan Tol Ciawi-Sukabumi Ruas Cigombong-Cibadak yang memiliki panjang 11,90 km itu kini sudah selesai dan siap dioperasikan.

“Kita harapkan dengan selesainya ruas ini, nanti kita kalau ke Pelabuhan Ratu, Ciletuh, Ujung Genteng, Gunung Gede yang sebelumnya dari Jakarta menuju Sukabumi butuh waktu 5 sampai 6 jam, sekarang dengan adanya tol ini hanya butuh waktu 2 jam 30 menit,” ujar Jokowi dalam keterangan tertulis, Minggu (6/8/2023).

Jokowi menambahkan, jalan tol Ciawi-Sukabumi merupakan bagian dari kado Pemerintah untuk Provinsi Jawa Barat khususnya masyarakat Sukabumi dalam rangka HUT ke 78 tahun Republik Indonesia serta Jalan tol ini dapat mempercepat mobilitas orang dan mobilitas barang dan juga yang berkaitan dengan investasi.

“Menurut survey, Provinsi Jawa Barat menduduki peringkat pertama untuk investasi, alasannya karena Jawa Barat adalah provinsi yang paling banyak membangun jalan tol,” lanjut Jokowi.

Senada dengan Jokowi, Direktur Utama Waskita, Mursyid berharap Jalan Tol yang menghubungkan antara Jakarta dan Sukabumi ini dapat meningkatkan nilai investasi sebagai penggerak ekonomi masyarakat, terutama untuk pengiriman logistik dan sektor pariwisata.

Selain itu, pihaknya juga berharap dengan hadirnya tol ini dapat meningkatkan daya tarik turis lokal maupun luar untuk lebih mengenal keindahan pantai selatan Jawa Barat.

Tol ini menurutnya juga dapat meningkatkan pelayanan distribusi barang dan jasa guna menunjang pertumbuhan ekonomi serta meningkatkan pemerataan hasil pembangunan dan keadilan bagi wilayah Jawa Barat.

“Jalan Tol Bocimi dapat memangkas waktu tempuh Cigombong exit Parungkuda yang semula 60-90 menit menjadi hanya 15 menit,” jelasnya.

Khusus sampai 20 Agustus 2023, Mursyid menuturkan bahwa tarif tol ruas ini akan gratis bagi pengguna.

Untuk diketahui Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Trans Jabar Tol sebagai pengelola Ruas Tol Ciawi-Sukabumi anak usaha dari PT Waskita Toll Road (WTR) telah beroperasi sejak Tol Ciawi-Sukabumi Seksi I Ciawi-Cigombong tahun 2018.

Sementara itu Waskita terus berkomitmen dalam peningkatan pelayanan kepada masyarakat dalam menghadirkan karya-karya yang berkualitas baik serta aman dan nyaman.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Suntikan Dana Rp 3 Triliun Tertunda, Waskita Kian Merana?

(dpu/dpu)


Sumber: www.cnbcindonesia.com

Related posts