Tinggal Ongkang-ongkang Kaki, Steve Ballmer Kantongi Rp15 T


Read More

Jakarta, CNBC Indonesia – Orang terkaya keenam di dunia, Steve Ballmer akan mendapatkan US$ 1 miliar atau setara Rp 15,39 triliun pada 2024 tanpa melakukan apa-apa.

Mantan CEO Microsoft dan pemilik tim basket NBA Los Angeles Clippers itu akan mendapatkan miliaran dolar Amerika Serikat itu dari hasil dividen yang diberikan Microsoft.

Dikutip dari CNN Business, dividen tersebut akan ia peroleh setelah perusahaan raksasa teknologi itu meningkatkan nilai dividen para pemegang saham kuartalannya menjadi US$ 3 per saham per tahun.

Ballmer memiliki 333,2 juta saham Microsoft pada 2014 setara dengan 4% saham perusahaan. Oleh sebab itu, secara akumulasi dia akan menerima US$ 1 miliar pada 2024 dari hasil pembayaran dividen.

Namun, perlu diingat, dividen yang diterima Ballmer itu dengan asumsi dewan direksi Microsoft tidak memutuskan untuk memangkas dividen.

Asumsi itu sebetulnya tidak akan terjadi karena Sejak perusahaan mulai membayar dividen kepada pemegang saham pada 2003, jumlahnya terus meningkat, tak pernah ada pemangkasan.

Pemerintah Amerika Serikat juga akan menjadi penikmat dividen yang dibagikan Microsoft kepada Ballmer. Sebab, ia akan dikenakan pajak atas dividen sebesar 20% karena di AS orang yang berpenghasilan lebih dari US$ 500 ribu per tahun bakal dikenakan tarif pajak itu.

Oleh sebab itu, Ballmer akan membayar setidaknya US$ 200 juta kepada pemerintah AS melalui pengenaan pajak atas dividen yang diberikan Microsoft kepadanya.

[Gambas:Video CNBC]

(pgr/pgr)


Sumber: www.cnbcindonesia.com

Related posts