Situasi Gawat! ASEAN, China, Jepang, Korea Bikin Kesepakatan


Read More

Jakarta, CNBC Indonesia – Negara Asia Tenggara bersama Cina, Jepang, dan Korea yang tergabung dalam ASEAN+3 sepakati penguatan Chiang Mai Initiative Multilateralization (CMIM) melalui pembentukan Rapid Financing Facility (RFF) atau instrumen pembiayaan cepat.

Tujuan kesepakatan itu adalah untuk memberikan likuiditas pada negara yang memiliki kebutuhan karena keadaan darurat di kawasan di tengah meningkatnya ketidakpastian atas perlambatan ekonomi global dan kenaikan suku bunga AS.

CMIM merupakan kerjasama keuangan di antara negara-negara ASEAN+3 dalam bentuk fasilitas dukungan likuiditas bagi negara yang menghadapi masalah likuiditas jangka pendek atau kesulitan neraca pembayaran. Fasilitas baru ini dimaksudkan untuk melengkapi CMIM yang dapat digunakan pada saat krisis.

Demikianlah hasil pertemuan ASEAN+3 Finance and Central Bank Deputies Meeting (AFCDM +3) pada 6-7 Desember 2023 di Kanazawa, Jepang, dikutip dari siaran pers BI, Senin (11/12/2023). Pertemuan diketuai oleh Indonesia dan Jepang.

Sementara itu ASEAN+3 Macroeconomic Research Office (AMRO) diperkuat sebagai organisasi yang berfungsi memantau kondisi makroekonomi negara anggota melalui penyusunan kajian holistik atas AMRO Senior Management. Utamanya untuk penambahan satu posisi Deputi Direktur.

Co-Chairmanship Indonesia dan Jepang pada tahun 2023 ini mengedepankan beberapa agenda utama yang didesain untuk membantu negara-negara anggota untuk menghadapi tantangan ekonomi global ke depan yang semakin menantang sehingga semakin membutuhkan Jaring Pengaman Keuangan Regional yang kokoh dan didukung organisasi AMRO yang kuat.

Pada diskusi yang dipimpin oleh Deputi Gubernur Bank Indonesia, Filianingsih Hendarta, juga terdapat kesepakatan untuk membentuk roadmap of Regional Financing Arrangement yang meliputi rencana kerja tahun 2024-2026 mengenai detil pengembangan new financing facility dan new financing structure tersebut. Pertemuan juga membahas beberapa agenda rutin terkait CMIM dan AMRO.

Pada akhir pertemuan, Co-Chairs (d.h.i Vice Minister Kanda-JMOF), menyampaikan bahwa Keketuaan ASEAN+3 di tahun depan akan diserahkan kepada Korea dan Laos.

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


Vietnam Gabung Geng RI Cs, Jajan di Sana Bisa Pakai QRIS!

(mij/mij)


Sumber: www.cnbcindonesia.com

Related posts