Sah! PTPP Energi Divestasi Saham Inpola Eka Energi


Read More

Jakarta, CNBC Indonesia – Anak Perusahaan PT PP (Persero) Tbk (PTPP), yaitu PT PP Energi, telah melakukan penjualan seluruh saham (Divestasi) pada PT Inpola Meka Energi. Perusahaan telah melakukan penandatanganan Akta Jual beli Saham atau Sales Purchase Agreement (“SPA”) atas kepemilikan saham tersebut.

Penandatanganan tersebut dihadiri oleh Supriyadi selaku Direktur PT PP Energi dan Ridwan Abdul Chalif Irawan selaku Direktur Utama PT Energi Infranusantara. PT PP Energi sepakat untuk melepaskan kepemilikan saham yang dimiliki oleh perusahaan sebesar 38,77% atau 496.645 lembar saham di PT Inpola Meka Energi dengan nilai divestasi sebesar Rp 45.175.799.394,- kepada investor asal Indonesia, yaitu PT Energi Infranusantara.

PT Energi Infranusantara merupakan salah satu investor di sektor energi terbarukan dengan pengalaman lebih dari 11 tahun di Indonesia. Sementara PT Inpola Meka Energi merupakan perusahaan yang bergerak di sektor energi terbarukan yang dibentuk sejak tahun 2008.

PT Inpola Meka Energi merupakan pemegang konsesi Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro (PLTMH) di Lau Gunung, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara. PT Inpola Meka Energi juga merupakan Penyedia Tenaga Listrik berkapasitas 2×5 Mega Watt dimana PLTMH tersebut telah beroperasi sejak tahun 2020. Kehadiran PLTMH tersebut telah memberikan manfaat yang tinggi kepada Indonesia khususnya kepada masyarakat Provinsi Sumatera Utara.

“Dana segar hasil penjualan saham PT Inpola Meka Energi dapat menambah kas PT PP Energi sehingga likuiditas Perseroan menjadi lebih besar di posisi aset lancar dan solvabilitas menjadi terjaga. Hal ini selaras¬†dengan strategi perusahaan dalam rangka penyehatan keuangan melalui divestasi beberapa portofolio bisnis. Kami percaya aksi korporasi ini akan memberikan benefit yang baik untuk PT PP Energi dan PT PP (Persero) Tbk sebagai pemegang saham mayoritas,” kata Corporate Secretary PTPP Bakhtiyar Efendi, dalam siaran resmi, Jumat (5/1/2024).

 

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


Bos Emiten Metaverse (WIRG) Lego Saham Perusahaan, Kenapa?

(rah/rah)


Sumber: www.cnbcindonesia.com

Related posts