Pasar Modal Tak Hanya Untuk Pemodal Besar


Read More

Jakarta, CNBC Indonesia – Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin berharap pasar modal dapat dimanfaatkan oleh seluruh pihak, termasuk pemodal kecil dan UMKM, dan tidak terbatas oleh pemodal besar.

Dalam pembukaan perdagangan perdana Bursa Efek Indonesia (BEI), Ma’ruf Amin menginginkan pasar modal dapat mengoptimalkan dan mengembangkan potensi pembiayaan melalui pasar modal dengan peningkatan literasi kepada masyarakat.

“Bursa tidak lagi eksklusif milik korporasi besar, tapi juga rumah pendanaan bagi usaha kecil dan menengah (UKM),” jelas Ma’ruf, dikutip Selasa (2/1/2024).

Untuk itu, BEI diminta tidak terjebak dalam zona nyaman, tapi membuat terobosan agar UKM bisa memperoleh akses pembiayaan dari pasar modal.

“Kita harapkan pasar modal ini tak hanya buat pemodal besar tapi juga tempat pemodal yang kecil atau UKM [mencari dana],” tambah Ma’ruf.

Di samping itu, peningkatan edukasi dan literasi kepada masyarakat seyogianya terus menjadi agenda kerja BEI dan pemangku kepentingan, baik lewat jalur pendidikan formal maupun informal.

Pemahaman yang semakin baik terhadap investasi, berbanding lurus dengan kecakapan investor dalam pengambilan keputusan investasi, termasuk investasi di pasar modal.

Terkait peningkatan literasi keuangan, OJK berperan krusial, khususnya dalam penyiapan strategi dan kebijakan yang inklusif dan berkelanjutan. OJK juga diharapkan terus mendorong perluasan dan pemerataan akses keuangan, terutama produk pasar modal.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Wapres Ma’ruf Amin Pakai Adat Padang di Upacara 17 Agustus

(fsd/fsd)


Sumber: www.cnbcindonesia.com

Related posts