Pabriknya Kebakaran, Siapa Pemilik Gudang Garam (GGRM)?

Jakarta, CNBC Indonesia – PT Gudang Garam Tbk (GGRM) tengah menjadi perbincangan pelaku pasar. Terlebih, setelah salah satu asetnya mengalami kebakaran.

Read More

Wajar jika kejadian tersebut menjadi perhatian. Sebab, perusahaan merupakan salah satu pemain rokok terbesar di Tanah Air.

GGRM merupakan salah satu emiten rokok terbesar di Indonesia yang dimiliki oleh Susilo Wonowidjojo dan keluarganya. Lantas, bagaimana kiprah gurita bisnisnya?
Taipan Susilo Wonowidjojo dan keluarganya seringkali masuk dalam jajaran orang terkaya di Indonesia.

Pada 2021 silam, majalah Forbes merilis jajaran Orang Terkaya di Indonesia dan pemilik GGRM tersebut berhasil menduduki urutan ke tujuh dengan kekayaan ditaksir hingga mencapai US$ 4,8 miliar atau setara dengan Rp 71,4 triliun (asumsi kurs Rp 14.882/US$).

Susilo Wonowidjojo kerap dikenal dengan Cai Daoping, merupakan anak ketiga dari Tjoa Jien Hwie alias Surya Wonowidjojo pendiri dari GGRM. Melansir laman resminya, GGRM telah berdiri sejak 1958 di Kediri, Jawa Timur.

Produk Gudang Garam bisa ditemukan dalam berbagai variasi, mulai sigaret kretek klobot (SKL), sigaret kretek linting-tangan (SKT), hingga sigaret kretek linting-mesin (SKM).

Sejak 2008, Susilo menggantikan Rachman Halim Wonowidjojo memimpin Gudang Garam Group. Sejak saat itu, bisnis rokoknya pun terus berkembang dan berhasil mengantarkan keluarga Wonowidjaja masuk ke dalam daftar deretan orang terkaya Indonesia pada 2013.

Ternyata, gurita bisnisnya tidak hanya rokok, tapi juga merambat menjadi pengembang jalan tol dan bandara di Kediri. Belakangan mereka juga mulai masuk ke bisnis kelapa sawit.

Situasi Terkendali

Heru Budiman, Corporate Secretary GGRM mengatakan, titik kebakaran berada di gudang tambahan atau ancillary warehouse milik Gudang Garam. Lokasi kebakaran tersebut merupakan tempat penyimpanan barang penunjang (barang non produksi) yang tidak mempengaruhi kegiatan produksi rokok.

“Kebakaran yang terjadi pada Senin malam 7 November 2022 tidak menimbulkan dampak apapun terhadap kegiatan operasional pabrik, karena lokasi tersebut adalah area penyimpanan barang penunjang yang tidak berkaitan dengan kegiatan produksi” ujar Heru dalam keterbukaan informasi, Selasa (8/11/2022).

Seperti diketahui, salah satu unit pabrik rokok Gudang Garam di Jalan Mataram Kelurahan Semampir Kota Kediri terbakar. Kebakaran gudang ini terjadi Selasa (8/11/2022) tengah malam.
Dalam video yang tersebar di aplikasi whatsapp belasan PMK tampak mendatangi lokasi untuk memadamkan api. Api dan asap membumbung tinggi.

“Iya benar, kebakaran terjadi di PT Gudang Garam Tbk, unit 12,” kata Kapolresta Kediri, AKBP Wahyudi, seperti dikutip dari detikJatim, Selasa (8/11/2022).

Kobaran api langsung dipadamkan tim internal PMK Gudang Garam dan Pemkot Kediri.

“Tadi malam langsung dapat dipadamkan, tidak berlangsung lama. Karena ada tim gabungan internal Damkar GG dan Pemkot Kediri,” Imbuh Wahyudi.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Lewati Cum dan Ex-Dividen, Saham GGRM Ogah Mengepul

(dhf/dhf)


Sumber: www.cnbcindonesia.com

Related posts