Merger Grab – GOTO Berhembus Kencang, Bos Bursa Buka Suara


Jakarta, CNBC Indonesia – Bursa Efek Indonesia (BEI) akan segera meminta penjelasan ke PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) terkait rencana merger antara emiten teknologi tersebut dengan Grab Holdings Ltd. di Singapura.

Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna megatakan, pihaknya akan meminta penjelasan ke GOTO terkait isu peleburan dua raksasa ride hailing tersebut.

“Kalau yang rumor dan lainnya pasti kami akan follow up dalam bentuk permintaan penjelasan. Saya tidak bisa komen soal merger yang belom disampikan,” kata Nyoman saat dikonfirmasi wartawan di gedung BEI, Senin, (12/2/2024).

Sejauh pengetahuan BEI, keterbukaan informasi terakhir terkait GOTO adalah akuisisi 75% saham Tokopedia oleh TikTok Desember lalu.

“Tolong mengacu keterbukaan info itu yang terahir. Kan mereka ada rencana tindakan korpoasi. Berapa sekitar 75%. Yang ke TikTok,” tambahnya.

Belakangan mencuat isu soal Grab dan GoTo yang dikabarkan berdiskusi awal mengenai berbagai opsi merger. Salah satu skenario yang mungkin terjadi adalah Grab mengakuisisi GoTo menggunakan uang tunai, saham, ataupun dengan keduanya.

Dikabarkan juga, saat ini GOTO semakin terbuka terhadap kemungkinan merger setelah memiliki pimpinan baru. Namun, kedua perushaan belu angkat bicara.

Untuk diingat, Berdasarkan keterangan resmi GOTO dan keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu pekan ini (31/1), transaksi yang dimaksud adalah investasi TikTok di Tokopedia yang menjadikan TikTok memegang 75,01% saham Tokopedia.

Kemitraan strategi ini terdiri dari tiga skema. Pertama, Tokopedia membeli aset TikTok Shop yang beroperasi di Indonesia senilai US$ 340 juta atau setara Rp 5,3 triliun (asumsi kurs Rp 15.700/US$).

Kedua, TikTok mengambil bagian 75,01% saham baru yang diterbitkan Tokopedia senilai US$ 840 juta atau setara Rp 13,2 triliun.

Ketiga, Tokopedia akan menerima Promissory Notes dari TikTok senilai US$ 1 miliar atau setara Rp 15,7 triliun yang nantinya akan dijadikan sebagai modal kerja.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Terkuak! Ini Pemborong & Penjual Saham GOTO Saat Sentuh Rp54

(ayh/ayh)


Sumber: www.cnbcindonesia.com

Related posts