Laba Rp 4,8 T di 2023, UNVR Konsisten Tumbuh Bersama Indonesia


Read More

Jakarta, CNBC Indonesia PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) mencatatkan penjualan bersih sebesar Rp 38,6 triliun dan laba bersih sebesar Rp 4,8 triliun. Adapun UNVR menghasilkan peningkatan Gross Margin sebesar 346 bps dibandingkan 2022.

Presiden Direktur Terpilih PT Unilever Indonesia Tbk Benjie Yap mengatakan komitmen memperkuat fundamental bisnis tetap menjadi prioritas utama perusahaan sepanjang 2023.

“Pada kuartal III-2023, bisnis kami mulai tumbuh dengan mencatatkan kenaikan penjualan domestik sebesar 3,3%, didorong oleh pertumbuhan volume dasar yang positif sebesar 4,3%. Meski momentum positif ini terus berlanjut hingga Oktober 2023, pada November dan Desember dampak pergeseran sentimen yang disebabkan oleh situasi geopolitik mengakibatkan penjualan domestik tahun tutup buku kami di 2023 menjadi -5,2%,” kata dia dikutip Rabu (7/2/2024).

“Namun, upaya konsisten kami untuk menavigasi krisis ini telah mulai menunjukkan kemajuan pada Januari 2024. Ke depan, kami tetap berkomitmen untuk fokus pada pertumbuhan jangka panjang dengan secara konsisten melaksanakan lima prioritas strategis kami,” tambah Benjie.

 

Dia menjelaskan, UNVR memiliki lima prioritas strategis, yakni memperkuat dan unlock potensi dari brand-brand utama, memperluas portofolio ke premium dan value segment, membangun execution powerhouse, memimpin kapabilitas transformasional, dan menempatkan prinsip keberlanjutan sebagai inti dari Perseroan.

Melahirkan inovasi yang lebih berdampak untuk memenuhi kebutuhan konsumen di semua segmen, didukung oleh investasi media yang lebih tinggi. Lebih lanjut sepanjang tahun lalu, Perseroan telah memperkenalkan sejumlah inovasi di seluruh segmen inti, premium, dan value untuk memenuhi ekspektasi konsumen.

Pada segmen premium, Perseroan memperkenalkan Lux Body Wash, Vaseline Gluta Hya, Magnum Matcha, dan Rinso Kapsul. Sementara pada segmen value, Perseroan memperluas portfolio dengan meluncurkan Glow & Lovely dan Lifebuoy Dishwash Liquid untuk melengkapi portofolio Perseroan di kategori Skin Cleansing dan Dishwash.

Perseroan juga menjawab tantangan di kategori Beauty and Well-being dengan meluncurkan Ponds Bright Miracles dan memperkenalkan teknologi NIASORCINOL. Selain itu, untuk memenuhi permintaan produk Sun Care dan Serum di kategori perawatan tubuh, Perseroan meluncurkan Citra Body Serum dan Vaseline Sunscreen.

“Seluruh inovasi, termasuk inovasi dari portofolio merek-merek inti Perseroan diluncurkan ke pasar didukung oleh adanya peningkatan belanja iklan yang substantial, mencapai 8,4% dari penjualan bersih Perseroan di 2023,” ujar Benjie.

Benjie memaparkan pada 2023, Perseroan melanjutkan upaya mendorong pengembangan pasar yang berfokus pada perluasan jangkauan di berbagai sektor. Contoh keberhasilan upaya ini terlihat pada kategori Foods and Refreshment khususnya pada merek-merek utama seperti Royco dan Bango melalui kreasi hidangan yang lebih beragam dan lezat.

Menurut dia, pendekatan ini berhasil mendorong peningkatan frekuensi penggunaan dan mampu menarik banyak pengguna. Hal ini berujung pada peningkatan pangsa volume untuk bisnis Nutrition.

“Merek pasta gigi Pepsodent juga mengalami peningkatan nilai dan volume pangsa pasar setelah dilaksanakannya kampanye “Sikat Gigi Siang dan Malam” yang berlangsung hingga Oktober 2023,” ungkap dia.

Benjie menambahkan dalam dua bulan terakhir di kuartal IV-2023, Perseroan menghadapi tantangan eksternal tidak terduga, termasuk adanya penyebaran informasi tidak benar terkait situasi geopolitik. Meskipun tantangan ini berdampak pada bisnis dan operasional, Perseroan berhasil mengatasi situasi tersebut dan mulai melihat perkembangan yang menggembirakan.

“Upaya kami untuk secara konsisten mengklarifikasi informasi yang menyesatkan, serta berkat dukungan dari para mitra terpercaya dan konsumen setia kami menjadi faktor penting dalam mencapai kemajuan Perseroan. Dengan adanya tren positif saat ini, kami yakin telah berada di jalur yang tepat untuk menumbuhkan bisnis kami di 2024,” jelas Benjie.

Dia juga menyampaikan terima kasih atas dukungan dari para konsumen, pelanggan, mitra, serta pemangku kepentingan yang terus setia bersama Perseroan di masa penuh tantangan. Benjie pun menekankan komitmen Perseroan terhadap nilai-nilai dan misinya.

“Perseroan selalu berkomitmen kuat terhadap integritas, kemanusiaan, dan menghadirkan produk dengan kualitas yang terbaik, yang dibuat dengan bertanggung jawab. Kami tetap teguh pada komitmen kami untuk menghasilkan pertumbuhan yang konsisten, menguntungkan, kompetitif, dan bertanggung jawab,” pungkasnya.

 

Seluruh inovasi, termasuk inovasi dari portfolio merek-merek inti perusahaan diluncurkan ke pasar didukung oleh adanya peningkatan belanja iklan yang substantial, mencapai 8,4% dari penjualan bersih perusahaan pada 2023.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Kuartal III, Kinerja Unilever Indonesia Tetap Solid

(rah/rah)


Sumber: www.cnbcindonesia.com

Related posts