Konsisten Terapkan ESG, Chandra Asri Jadi Perusahaan Low Risk

Jakarta, CNBC Indonesia – Pentingnya perusahaan dalam menerapkan prinsip Environmental (lingkungan), Social (sosial) dan Governance (tata kelola) atau ESG bukan hanya menguntungkan dalam hal keberlanjutan dan dampak sosial saja, namun juga mendorong dan menarik investasi baru.

PT Chandra Asri Petrochemical Tbk menjadi salah satu perusahaan yang sudah menerapkan ESG dan dipercaya oleh banyak investor di pasar saham. Bahkan, Chandra Asri belum lama ini menerima skor Peringkat Risiko ESG secara keseluruhan sebesar 17,7 dari Sustainalytics.

Peringkat tersebut menggolongkan Chandra Asih sebagai perusahaan yang memiliki risiko rendah (low risk) terhadap dampak finansial investasi dari faktor ESG.

ESG and Sustainability Department Manager Chandra Asri, Andang Pungkase mengatakan peringkat tersebut juga menjadikan Chandra Asri masuk dalam peringkat 2 terbaik dalam sub-Industri Kimia Komoditas Global yang dinilai oleh Sustainalytics.

“Secara konsisten perusahaan dengan ESG kuat akan beri return yang lebih baik ketimbang (perusahaan) yang low performance,” ujarnya dalam Kelas Cuan CNBC Indonesia, Kamis (10/11/2022).

Andang menambahkan, selain mendapatkan investor baru, penerapan prinsip ESG juga dapat membuat perusahaan mendapatkan beberapa keuntungan lain, seperti lebih mudah beradaptasi dalam melakukan ekspansi bisnis maupun menciptakan bisnis baru.

Kemudian di sisi operasional, perusahaan juga memiliki peningkatan efisiensi sumber daya yang berimbas pada cost saving. Sedangkan dalam hal regulatory, perusahaan makin mudah comply atau taat pada regulasi baru serta semakin mungkin mendapatkan dukungan pemerintah.

Lalu, di sisi sosial, Andang mengungkapkan perusahaan yang menerapkan ESG akan semakin mudah mengakses sumber daya karena adanya dukungan dari komunitas. Selain itu, dari sisi reputasi juga bisa meningkat karena dapat menarik customer baru.

Dan yang terakhir dari sisi workforce, perusahaan dapat meningkatkan skill serta menarik talent baru, dan memotivasi karyawan.

“Kalau dirangkum, (penerapan) ESG yang kuat akan mendorong performance finansial perusahaan yang lebih baik,” pungkasnya.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Chandra Asri Dapat Pinjaman Rp 1,5 T dari Bank OCBC NISP

(dpu/dpu)


Sumber: www.cnbcindonesia.com

Related posts