Jam Buka Libur Lebaran Bank BCA, BNI, BRI, Mandiri, BTN, BSI

Jakarta, CNBC Indonesia – Selama libur panjang sekitar Idul Fitri 2023, bank ikut menyesuaikan jam operasionalnya. Oleh karena itu, bank umum seperti BCA, Mandiri, BRI, BNI, dan BRI┬átelah mengumumkan jadwal operasional dan layanan mereka selama libur Lebaran dan Cuti Bersama pada tanggal 19-25 April 2023.

Pemerintah menetapkan cuti bersama dan libur Lebaran tahun ini berlangsung selama 19-25 April 2023. Beberapa pelayanan, termasuk perbankan pun dilakukan secara terbatas.

Bagi Anda yang ingin berencana melakukan transaksi pada hari-hari tersebut, ada baiknya untuk mengetahui jadwal operasional dan layanan perbankan yang dibuka.

Sejumlah bank pun telah melakukan penyesuaian operasional kantor cabangnya guna memenuhi kebutuhan masyarakat. Berikut jadwal operasional bank-bank besar selama libur Lebaran 2023.

BRI


Foto: Dok BRI
BRI

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) atau BRI memberikan layanan Kantor BRI secara terbatas selama tiga hari yakni pada tanggal 19, 21, dan 24 April 2023 pada 163 Unit Kerja Operasional (UKO) di seluruh Indonesia.

Adapun jenis layanan operasional terbatas di beberapa kantor operasional BRI, nasabah dapat melakukan transaksi antara lain: pembukaan rekening simpanan, setoran rekening simpanan dan pinjaman, setoran penerimaan negara, setoran penebusan DO BBM/Non BBM dari SPBU PERTAMINA, dan layanan perbankan lainnya. Adapun dari 163 UKO yang tetap beroperasi, terdiri dari 157 Kantor Cabang, 4 Kantor Cabang Pembantu (KCP) dan 2 BRI Unit.

Terakhir di sejumlah kantor cabang juga dapat melakukan pembukaan rekening untuk kebutuhan klaim asuransi kecelakaan untuk layanan Jasa Raharja. Adapun daftar kantor yang memberikan layanan terbatas dapat diakses di laman resmi BRI.

BNI


Pegawai sedang menjelaskan fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi BNI Mobile Banking di Kantor Cabang Luar Negeri BNI Tokyo. BNI membuka kesempatan bagi karyawannya untuk magang di salah satu kantor cabang luar negerinya, yaitu Singapura, Tokyo, Hong Kong, London, New York, atau Seoul.Pegawai sedang menjelaskan fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi BNI Mobile Banking di Kantor Cabang Luar Negeri BNI Tokyo. BNI membuka kesempatan bagi karyawannya untuk magang di salah satu kantor cabang luar negerinya, yaitu Singapura, Tokyo, Hong Kong, London, New York, atau Seoul.

PT Bank Negara Indonesia Tbk. (BBNI) atau BNI menyiapkan 86 kantor cabang, dan 48 lokasi penempatan BNI Layanan Gerak (O-Branch). BNI juga memastikan 168.733 Agen46, 13.407 ATM/CRM, dan 375.538 EDC juga beroperasi optimal.

Direktur Network & Services BNI Ronny Venir menjelaskan operasional cabang secara terbatas melayani Transaksi Setoran, Penarikan, Pemindahan sesama BNI, Penebusan OPBS, Pembayaran Pajak, Transaksi BULOG maupun transaksi lainnya.

O-Branch pun akan ditempatkan pada titik strategis di jalur mudik selama arus mudik dan arus baliik untuk melayani transaksi penarikan uang yang berkerja sama dengan Bank Indonesia (BI) melalui program SERAMBI 2023, penarikan uang tunai, transaksi online antarbank pembelian maupun pengisian tapcash yaitu 15 O-Branch di Rest Area di sepanjang Jalan Tol yang menjadi jalur mudik di pulau Sumatra dan pulau Jawa, 4 O-Branch di terminal/ stasiun/ bandara dan 29 O-Branch di beberapa titik sentra niaga, pusat keramaian dan alun-alun

Perinciannya adalah sebagai berikut:

– 19 April 2023 (09.00-14.00): 68 outlet melayani transaksi Setoran/Penarikan/Pemindahbukuan/Pembukaan rekening BNI, setoran BBM Pertamina, Transaksi Bank Notes

– 20 April 2023 (10.00-12.00) : 64 outlet khusus melayani Setoran BBM Pertamina

– 21-23 April : Tidak ada Operasional Terbatas

– 24 April 2023 (10.00-12.00) 64 outlet khusus melayani Setoran BBM Pertamina

– 25 April 2023 (09.00-14.00): 64 outlet melayani transaksi Setoran/Penarikan/Pemindahbukuan/Pembukaan rekening BNI, setoran BBM Pertamina, Transaksi Bank Notes

BCA


Suasana tukar ATM Chip Bank BCA. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)Suasana tukar ATM Chip Bank BCA. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) atau BCA akan tetap beroperasi di cabang-cabang tertentu pada libur Lebaran 2023. Berdasarkan keterangan resminya, berikut penyesuaian kegiatan operasional kantor cabang BCA selama libur Idulfitri 2023.

19 April 2023 – Beroperasi di cabang-cabang tertentu*

20-21 April 2023 – Libur, cabang tidak beroperasi

22-23 April 2023 – Libur, Weekend Banking tidak beroperasi

24 April 2023 – Libur, cabang tidak beroperasi

25 April 2023 – Beroperasi di cabang-cabang tertentu*

26 April 2023 – Seluruh cabang beroperasi normal

* melayani semua transaksi kecuali valuta asing, SKNBI dan RTGS
Daftar kantor cabang yang beroperasi pada tanggal 19 dan 25 April 2023 dapat dicek pada link berikut: https://www.bca.co.id/id/informasi/news-and-features/2023/04/11/07/39/informasi-daftar-cabang-beroperasi-periode-libur-idulfitri-2023.

Adapun kantor cabang BCA yang melayani B2B Pertamina selama libur Lebaran 2023 yakni, KCU Bandung, KCU Blitar, KCU Galaxy, KCU Medan, KCU Madiun, KCU Matraman, KCU Palembang, dan KCU Semarang.

Bank Mandiri


Kantor Cabang Bank Mandiri/CNBC Indonesia/Andrean KristiantoKantor Cabang Bank Mandiri/CNBC Indonesia/Andrean Kristianto

PT Bank Mandiri Tbk. (BMRI) menyiapkan sebanyak 25 cabang di luar Pulau Jawa untuk melaksanakan kegiatan operasional cabang selama libur Lebaran 2023. Corporate Secretary Bank Mandiri Rudi As Aturridha mengatakan kegiatan operasional itu pun akan dilakukan secara bergantian sepanjang 19-25 April 2023.

Cabang-cabang ini beroperasi secara khusus untuk melayani penerimaan dan penebusan BBM/Non BBM. Selain itu, beberapa Cabang Bank Mandiri tetap melayani penerimaan Layanan Khusus Terjadwal dan Money Changer. Adapun jam layanan selama periode tersebut adalah pukul 08.00 – 15.00 waktu setempat.

Adapun informasi cabang yg operasional pada saat periode cuti bersama Idul Fitri 1444 H dapat diakses melalui bmri.id/layananlebaran._

BTN


Pelayanan nasabah Bank BTN di Bank BTN, Jakarta (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)Pelayanan nasabah Bank BTN di Bank BTN, Jakarta (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

PT Bank Tabungan Negara Tbk. (BBTN) atau BTN melakukan penyesuaian operasional selama libur Lebaran 19-25 April 2023. Kantor Cabang (Konvensional) yang memiliki layanan kerjasama dengan PT Pertamina (Persero) melakukan pembukaan outlet pada sepanjang periode libur Lebaran 2023.

Sementara Kantor Cabang dan Kantor Cabang Pembantu (Konvensional dan Syariah) yang ditunjuk melaksanakan layanan operasional terbatas pada tanggal 19 April – 25 April 2023.

Layanan yang dapat dilaksanakan selama operasional terbatas adalah melakukan transaksi yang berkaitan dengan loket/layanan kas seperti, setoran dan penarikan (tanpa transaksi kliring), setoran angsuran KPR, penerbitan/penggantian Kartu ATM (tanpa transaksi kliring), pembukaan rekening (tanpa transaksi kliring).

Baca: IHSG Lesu Jelang Lebaran, Ternyata Ini Penyebabnya
Pada tanggal 19, 20, 21, 24, 25 April 2023 jam layanan 08.00-15.00. Pada tanggal 22-23 April 2023, jam layanan 08.30 sampai 12.00.

Untuk informasi lebih lengkap soal kantor cabang mana saja yang buka selama libur Lebaran, dapat membuka situs resmi BTN.

BSI


Suasana pelayanan kantor cabang Bank Syariah Indonesia, Jakarta Senin (1/2). PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI/BRIS) resmi beroperasi. Direktur Utama BRIS Hery Gunardi menjelaskan bahwa integrasi ketiga bank BRIsyariah, BNI Syariah dan BSM telah dilaksanakan sejak Maret 2020 atau memakan waktu selama 11 bulan. Foto: Suasana pelayanan kantor cabang Bank Syariah Indonesia. (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) atau BSI menyiapkan total 236 cabang untuk melaksanakan layanan terbatas selama libur dan cuti Idul Fitri. Artinya, para nasabah dapat melakukan segala transaksi perbankan selama Ramadan.

Adapun jam layanan kantor cabang BSI selama bulan Ramadan berlangsung dari pukul 07.30-15.00 waktu setempat untuk transaksi normal.

Sementara untuk layanan operasi terbatas seperti setor tunai, tarik tunai, pemindahbukuan, handling complain dan setoran nasabah institusi (Pertamina, Taspen, dan ASABRI), berlangsung dari pukul 09.00-14.00.

Adapun layanan digital tetap bisa dilakukan nasabah melalui aplikasi BSI Mobile. BSI juga menyiapkan kebutuhan nasabah untuk tarik tunai atau bertransaksi lewat mesin ATM. BSI memastikan 2.552 ATM dapat berfungsi dengan baik, 877 ATM diantaranya berada pada jalur mudik.

[Gambas:Video CNBC]

(dem/dem)


Sumber: www.cnbcindonesia.com

Related posts