IPO BUMN Sugar Co Tunggu Ini Dulu

Jakarta, CNBC Indonesia – Entitas konsolidasi perkebunan tebu PTPN, PT Sinergi Gula Nusantara atau Sugar Co akan melakukan penawaran saham perdana alias IPO usai pelepasan saham dan kinerja perusahaan membaik. CEO Sugar Co Aris Toharisman mengatakan ke depan peluang untuk IPO sangat mungkin dilakukan Sugar Co.

Read More

“Hanya saja waktunya belum bisa ditentukan, saat ini saja pelepasan 49% saham saja belum selesai,” kata Aris kepada CNBC Indonesia, Jumat (11/11/2022).

Setidaknya terdapat 14 investor yang dikabarkan tertarik dengan Sugar Co. Adapun dua investor yang dikabarkan menjadi kandidat paling kuat adalah Wilmar Group dan Gama Group.

“Soal kriteria investor ini yang jelas harus punya dana dan expertise di gula dan tebu,” jelas Aris.

Sugar Co bakal memiliki investor baru, sejalan dengan proses due dilligence yang dilakukan perusahaan untuk menentukan investor yang akan masuk sebagai pemegang saham.

Sebagai informasi, Sugar Co merupakan entitas hasil konsolidasi 35 pabrik gula yang sebelumnya dikelola oleh PTPN II,VII,IX,X,XI,XII dan PTPN XIV. Ada 14 investor yang kabarnya minat masuk ke dalam entitas hasil konsolidasi ini.

Investor anyar tersebut diberi jatah maksimal 49% saham. Pemerintah melalui Komisi VI juga kabarnya tidak keberatan dengan porsi ini selama pemerintah masih memiliki kontrol penuh. Investor baru yang masuk nanti wajib memiliki pengalaman panjang di industri perkebunan gula.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Duh! Aktivitas IPO Global Terus Melambat, Kok Bisa?

(tep/ayh)


Sumber: www.cnbcindonesia.com

Related posts