Ini 10 Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi di 2023, Ada Punyamu?


Read More

Jakarta, CNBC Indonesia – Profesi dengan gaji besar tentu menjadi impian banyak orang. Meski demikian, pekerjaan bergaji tinggi biasanya linier dengan tanggung jawab di perusahaan.

Di Indonesia ada beberapa profesi yang diketahui menawarkan gaji tinggi. Survey dari portal karir Michael Page, dikutip Jumat (19/1/2024) menunjukkan ada 10 pekerjaan di Indonesia dengan gaji tertinggi di Indonesia selama 2023. Berikut data selengkapnya:

1. Peran C-suite

Tidak mengherankan jika posisi eksekutif merupakan salah satu pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia. Seorang CEO di bidang Properti dan Konstruksi dapat memperoleh gaji bulanan sebesar Rp 248 juta.

Peran C-suite memberikan nilai yang sangat besar bagi organisasi melalui kepemimpinan strategis, visi dan inovasi, manajemen keuangan, keunggulan operasional, pengembangan bakat, manajemen pemangku kepentingan, manajemen risiko, tata kelola, dan manajemen perubahan. Para eksekutif ini sangat penting dalam mendorong keberhasilan, pertumbuhan, dan keberlanjutan organisasi dalam jangka panjang.

Berikut adalah gaji bulanan profesional C-suite lainnya:

  • Chief technology officer dan chief product officer di industri Digital dan Teknologi memperoleh penghasilan Rp 200 juta
  • Kepala investasi di bidang Properti dan Konstruksi memperoleh penghasilan Rp 180 juta
  • Chief operating officer berpenghasilan antara Rp 155 juta dan Rp 180 juta
  • Chief financial officer mendapat penghasilan RP 130 juta hingga Rp180 juta
  • Chief komersial officer di bidang Industri dan Manufaktur, serta Digital dan Teknologi, dan seorang chief human resource officer di bidang Digital dan Teknologi memperoleh RP 150 juta
  • Chief marketing officer di bidang Digital dan Teknologi dapat memperoleh penghasilan sebesar Rp 125 juta, sedangkan posisi yang sama di bidang Kesehatan dan Ilmu Hayati, serta Industri dan Manufaktur memperoleh penghasilan sebesar Rp 130 juta.

2. Direktur Operasi Pertambangan

Menurut Michael Page, posisi direktur operasi pertambangan untuk industri energi dan sumber daya alam memperoleh rata-rata bulanan sebesar Rp 230 juta.

Posisi ini memainkan peran penting dalam perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan koordinasi kegiatan dan sumber daya yang diperlukan untuk mengekstraksi mineral dan simpanan alam lainnya, serta memproduksi, menyimpan, dan menyediakan pasokan gas, air, dan listrik. Fokus utama mereka adalah memastikan operasi yang efisien dan aman di sektor pertambangan dan energi.

3. Direktur Risiko

Seorang direktur risiko di bidang kepatuhan dan manajemen risiko memperoleh penghasilan rata-rata Rp 180 juta per bulan.

Peran direktur risiko sangat penting dalam membantu organisasi membuat keputusan yang tepat, melindungi aset dan reputasinya, dan menjaga kepatuhan terhadap hukum dan peraturan. Mereka berkolaborasi dengan berbagai departemen, termasuk keuangan, hukum, operasi, dan audit, untuk memastikan kerangka manajemen risiko yang komprehensif dan efektif.

4. Wakil Presiden, Government Relation

Kepala atau wakil presiden government relation dapat memperoleh penghasilan rata-rata bulanan berkisar Rp 85 juta di industri energi dan sumber daya alam, Rp 110 juta di industri digital dan teknologi, dan Rp 155 juta hingga Rp 160 juta di jasa keuangan. Sementara wakil presiden bidang government ration di industri digital dan teknologi dapat memperoleh gaji bulanan sebesar Rp 170 juta.

Peran ini mencakup memimpin perencanaan strategis dan mengarahkan tujuan keterlibatan untuk mengembangkan dan memelihara hubungan produktif dengan semua otoritas pemerintah untuk mendukung tujuan organisasi. Mereka memastikan bahwa kepentingan organisasi sejalan dengan kebijakan dan peraturan pemerintah.

5. Direktur Penjualan

Seorang direktur penjualan dapat memperoleh penghasilan bulanan sebesar Rp 155 juta di bidang konsumen dan ritel, Rp 110 juta di bidang industri dan manufaktur, serta Rp 100 juta di bidang properti dan Kkonstruksi.

Posisi ini memberikan nilai bagi organisasi dengan memberikan kepemimpinan dan arahan strategis kepada tim penjualan, mendorong pertumbuhan pendapatan, dan memastikan pencapaian target penjualan. Mereka bertanggung jawab untuk mengembangkan strategi penjualan, membangun dan mengelola tim penjualan, mengidentifikasi peluang bisnis baru, membina hubungan pelanggan, dan mengoptimalkan proses penjualan.

6. Direktur Proyek

Seorang direktur proyek dalam manajemen proyek untuk industri energi dan sumber daya alam memperoleh gaji bulanan sebesar Rp 150 juta dan Rp 130 juta di bidang properti dan konstruksi. 

Posisi tersebut bertanggung jawab atas pengambilan keputusan penting terkait proses tata kelola proyek, termasuk penyesuaian anggaran dan penambahan sumber daya untuk memastikan keberhasilan proyek dan kepatuhan terhadap persyaratan proyek.

7. Direktur Operasi

Posisi direktur operasi dapat memperoleh penghasilan Rp 140 juta per bulan di sektor industri dan manufaktur.

Peran direktur operasi mencakup berkolaborasi dengan tim eksekutif untuk mengembangkan dan melaksanakan rencana strategis perusahaan, mengoptimalkan proses operasional untuk meningkatkan produktivitas dan mengurangi biaya, memastikan produk/layanan memenuhi standar kualitas dan harapan pelanggan, mengelola rantai pasokan, mengidentifikasi dan mitigasi risiko operasional, menganalisis data kinerja untuk perbaikan, dan memastikan kepatuhan terhadap undang-undang dan standar industri yang relevan.

8. SVP/EVP di bidang perbankan investasi

SVP (Senior Vice President) atau EVP (Executive Vice President) di investment banking memperoleh penghasilan bulanan sebesar Rp 130 juta.

Peran ini memegang posisi senior yang bertanggung jawab atas manajemen klien, menyelesaikan buku promosi, dan mengelola hubungan klien. Mereka mendelegasikan tugas, membangun hubungan klien yang kuat, dan memainkan peran penting dalam pembuatan kesepakatan dan profitabilitas bisnis.

9. Kepala Teknik, Pengembangan Perangkat Lunak

Seorang kepala teknik dalam pengembangan perangkat lunak untuk industri Digital dan Teknologi memperoleh penghasilan Rp 120 juta setiap bulan.

Posisi ini bertanggung jawab untuk mengawasi dan memimpin tim pengembangan perangkat lunak dalam suatu organisasi. Mereka bertanggung jawab atas perencanaan, koordinasi, dan pelaksanaan proyek perangkat lunak, memastikan pengiriman produk perangkat lunak berkualitas tinggi, dan mengelola proses pengembangan dari awal hingga selesai. Selain itu, mereka mungkin terlibat dalam strategi teknologi, alokasi sumber daya, dan berkolaborasi dengan departemen lain untuk menyelaraskan upaya pengembangan perangkat lunak dengan tujuan bisnis.

10. Direktur Manufaktur

Seorang direktur operasi manufaktur di industri Industri dan Manufaktur dapat mengharapkan remunerasi bulanan sebesar Rp 110 juta.

Pekerjaan tersebut melibatkan kolaborasi dengan tim eksekutif untuk mengembangkan dan menerapkan rencana strategis, mengoptimalkan proses operasional untuk meningkatkan efisiensi dan mengurangi biaya, memastikan kualitas produk memenuhi harapan pelanggan, mengelola rantai pasokan, mengidentifikasi dan mitigasi risiko operasional, dan memastikan kepatuhan terhadap peraturan dan industri.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Kimia Farma Buka Suara Terkait Isu Belum Bayar Gaji Karyawan

(mkh/mkh)


Sumber: www.cnbcindonesia.com

Related posts