Daftar Lengkap 8 Petinggi BUMN yang Mundur Demi Ikut Kampanye Capres

Read More

Jakarta, CNBC Indonesia – Sejumlah komisaris perusahaan pelat merah ramai-ramai mengundurkan diri dari jabatannya karena menjadi salah satu anggota tim kampanye nasional pada Pemilihan Presiden (Pilpres).

Adapun daftar komisaris BUMN yang masuk timses capres:

1. Andi Gani Nena Wea

Andi Gani telah telah mengundurkan diri dari jabatannya sebagai presiden komisaris PT PP (Persero) karena memilih fokus sebagai Wakil Ketua Umum Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

2. Eko Sulistyo

Eko Sulistyo mengundurkan diri sebagai komisaris PT PLN (Persero) karena akan fokus menjadi Wakil Ketua TPN Ganjar-Mahfud.

Eko Sulistyo sebelumnya menjabat sebagai Deputi IV Bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi Kantor Staf Kepresidenan. Ia juga dikenal sebagai orang yang dekat dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sejak meniti karir di Solo sebagai konsultan dinas tata ruang Kota Surakarta.

3. Anggawira

Anggawira telah meninggalkan kursi presiden komisaris PT Krakatau Pipe Industries (KPI) karena ingin fokus bergabung dalam Relawan Pengusaha Muda Nasional (Repnas) yang telah mendeklarasikan dukungannya kepada pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

4. Rosan Roeslani

Selain mundur dari jabatan wamen BUMN, Rosan Roeslani juga mengundurkan diri dari kursi wakil komisaris utama PT Pertamina (Persero).

5. Budiman Sudjatmiko

Budiman Sudjatmiko juga telah mengundurkan diri sebagai komisaris independen PT Perkebunan Nusantara V atau PTPN V. Langkah ini diambil Budiman usai ditunjuk sebagai anggota Dewan Pakar TKN Prabowo-Gibran di Pilpres 2024.

6. Arief Rosyid

Arief Rosyid mundur dari jabatan komisaris PT Bank Syariah Indonesia (Persero) Tbk. (BRIS) usai ditunjuk menjadi Komandan Pemilih Muda Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran.

“Saya telah meminta izin kepada Dalam komunikasi yang terjalin, saya menyampaikan pengunduran diri ini sebagai komitmen saya untuk menjaga marwah BSI sebagai salah satu lembaga perbankan milik BUMN yang diandalkan bangsa Indonesia dan umat Islam,” ujarnya dikutip, Selasa (7/11).

7. Abdi Negara Nurdin

Gitaris grup band Slank, Abdi Negara Nurdin alias Abdee yang menjabat sebagai Komisaris PT Telkom Indonesia mundur dari jabatannya. Hal itu seiring usai penyampaian deklarasi dukungan untuk pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md di Pilpres 2024.

8. Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok

Komisaris PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menyatakan mundur dari jabatannya karena pertimbangan tak ingin memicu kebingungan arah politik dirinya.

Ahok mengungkapkan, pengunduran dirinya karena telah menyatakan akan ikut mengkampanyekan pasangan calon presiden Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


Bos BUMN Diminta Segera Resign Kalau Jadi Tim Kampanye Capres

(fsd/fsd)


Sumber: www.cnbcindonesia.com

Related posts