Bisnis Internasional PIS Lompat 3 Kali Lipat, Laba Naik US$ 400 Juta


Read More

Singapura, CNBC Indonesia – PT Pertamina International Shipping mencatatkan pertumbuhan bisnis gemilang di tahun 2023. Pendapatan perusahaan tumbuh 18% atau sekitar US$ 400 juta menembus angka US$ 3,3 miliar. Sementara dari sisi laba bersih, angkanya melonjak 10% atau setara US$ 300 juta.

“Ini tidak terlepas dari komitmen kami dalam penambahan dan peremajaan kapal, memaksimalkan resources yang ada, penambahan rute bisnis hingga partner bisnis kami yang bertambah banyak,” papar Yoki Firnandi, CEO PIS, kepada CNBC Indonesia.

Bahkan, khusus bisnis international, PIS mencetak pertumbuhan pendapatan hingga 300% alias 3 kali lipat pada tahun lalu. Tak hanya melayani Grup Pertamina, PIS juga terus menggarap pasar non captive, yang menurutnya masih sangat terbuka lebar potensinya.

“Kami menyadari jika hanya mengandalkan pasar Indonesia, pertumbuhan PIS tidak akan sebesar ini, maka dari itu menurut kami ini saat yang tepat untuk melebarkan sayap ke pasar internasional yang lebih luas lagi di Asia Pasifik,” lanjut Yoki.

Secara kinerja, PIS bahkan menargetkan akan bertumbuh sampai US$ 9 miliar secara pendapatan di 2034. PIS melalui anak usahanya di Singapura dan cabang di Dubai akan semakin eksis di internasional bisnis, dan juga menggarap peluang di seluruh dunia. 

“Tidak hanya Asia, kita juga akan ada proyek di Brasil, Eropa, dan kami akan terus melakukan penguatan internal, digitalisasi, tetap efisien, mengelola risiko, dinamika pasar, serta keamanan,” tegas Yoki.

Seperti diketahui PIS memperluas kantor PIS Asia Pacific (PIS AP) yang berada di Singapura. Langkah ini dilakukan untuk mewujudkan visi menjadi perusahaan perkapalan dan marine logistik terkemuka di dunia.

Diketahui PIS AP merupakan anak usaha PIS, yang lahir pada 2018 dan menjadi motor utama pendapatan market non captive perusahaan yang terus berkembang setiap tahun. Kantor PIS AP resmi berpindah ke lantai 32, Gedung Millenia Tower untuk memfasilitasi kebutuhan penambahan pekerja yang lebih banyak seiring dengan meningkatkan permintaan pasar untuk bisnis global PIS.

Inaugurasi kantor baru PIS AP ini turut dihadiri Menteri Transportasi Singapura Chee Hong Tat, Duta Besar Indonesia untuk Singapura Suryo Pratomo, Komisaris Utama PIS Mochtar Husein, CEO PIS Yoki Firnandi, dan Direktur Tanker Minyak Mentah dan Minyak Bumi PIS Brilian Perdana. Seremoni pembukaan kantor PIS AP ini juga dihadir puluhan mitra kerja sama kelas dunia, seperti Petco Trading Labuan Company Ltd, PTT Thailand, Vitol, dan lainnya.

Selain inaugurasi, terdapat juga penandatanganan kerja sama dengan beberapa mitra global, di antaranya Memorandum of Collaboration (MoC) antara PTT International Trading Pte Ltd dengan PIS Asia Pacific, Memorandum of Understanding (MoU) antara PIS dan PPT Energy Trading Co., Ltd, dan penandatanganan kerja sama antara PIS dan PIS Asia Pacific.

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


Top! Laba BUMN di Semester I 2023 Tembus Rp 180 Triliun!

(ayh/ayh)


Sumber: www.cnbcindonesia.com

Related posts