5 Orang Terkaya RI per September 2023, Nomor 1 Bukan Hartono

Jakarta, CNBC Indonesia РHarta kekayaan selalu menjadi hal yang menarik perhatian banyak orang. Setidaknya terdapat 24 warga RI super kaya alias crazy rich dengan kekayaan bersih lebih dari US$ 1 miliar atau sekitar Rp 15 triliun, dengan 5 warga terkaya hartanya ditaksir lebih dari Rp 100 triliun.

Read More

Mengutip data orang terkaya di dunia versi Forbes Realtime Billionaire per September, peringkat pertama kini ditempati oleh pemilik perusahaan energi, PT Bayan Resources Tbk. (BYAN) yaitu Low Tuck Kwong yang memiliki harga kekayaan US$ 26,1 miliar.

Kekayaan Low Tuck Kwong sangat volatil dikarenakan oleh sejumlah hal. Sumbernya tidak terdiversifikasi dan nyaris secara eksklusif berasal dari BYAN, artinya pergerakan saham BYAN akan sangat mendikte jumlah harta Low Tuck Kwong.

Kedua, R. Budi Hartono dan saudaranya, Michael yang kekayaannya terdaftar secara terpisah. Mereka adalah orang terkaya kedua dan ketiga di Indonesia. Kedua bersaudara ini mendapatkan sebagian besar kekayaan mereka dari investasi mereka di Bank Central Asia.

R. Budi Hartono memiliki harta kekayaan sebesar US$ 25,5 miliar. Sedangkan Michael “Bambang” Hartono memiliki kekayaan senilai US$ 24,4 miliar. Keluarga ini pertama kali menjadi kaya raya dari tembakau dan masih menjadi salah satu produsen rokok kretek terbesar di Indonesia.

Urutan ke-empat ditempati oleh Prajogo Pangestu yang memiliki kekayaan sebesar US$ 8,7 miliar. Harta Prajogo naik secara signifikan dalam beberapa waktu terakhir dan membuatnya menyalip status Sri Prakash Lohia sebagai orang terkaya keempat di RI versi Real Time Billionaires Forbes.

Kenaikan harga saham CUAN sejak IPO diperkirakan menjadi penyebab melonjaknya harta Prajogo. Sebagai informasi,PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk. atau CUAN merupakan emiten yang belum lama ini melantai di Bursa Efek Indonesia.

CUAN dimiliki dan dikendalikan oleh Prajogo Pangestu dengan kepemilikan 85,064% per 31 Juli 2023. Sebanyak 14,935% saham scriptless dimiliki oleh masyarakat, dan sebanyak 0,001% saham warkat dipegang oleh masyarakat.

Berikut daftar 10 terkaya Indonesia, dikutip dari Forbes Real Time Billionaire per 8 Septeember 2023:

1. Low Tuck Kwong – US$26,1 miliar (Rp400,31 triliun)
2. R. Budi Hartono – US$25,5 miliar (Rp391,1 triliun)
3. Michael Hartono US$24,4 miliar (Rp374 triliun)
4. Prajogo Pangestu – US$8,7 miliar (133,4 triliun)
5. Sri Prakash Lohia – US$6,7 miliar (Rp102,73 triliun)

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Wah! Taipan RI Beli Rumah Rp 2,3 T di Kawasan Elit Singapura

(fsd/fsd)


Sumber: www.cnbcindonesia.com

Related posts